Sunday, June 14, 2015

Bursa Transfer: Tiga Komoditi Paling Hot

Soal membeli superstar, tak satupun klub di dunia yang paling mampu mengalahkan Real Madrid dan Barcelona di pentas transfer dunia. Adakah rekor gres mereka, baik transfer masuk atau keluar demam isu ini? Berkaca dari akumulasi total transfer pesepak bola sejagat keluaran FIFA hingga 2014, klub profesional menghabiskan biaya 3,6 milyar dolar AS atau 47,8 trilyun rupiah untuk merekrutmen pemain gres.


 tak satupun klub di dunia yang paling sanggup mengalahkan Real Madrid dan Barcelona di pe Bursa Transfer: Tiga Komoditi Paling Hot
Tiga superstar lapangan hijau yang bernilai jual paling tinggi.
Untuk era 2015, angkanya diramal bakal melewati 5 milyar dolar AS (Rp 66,5 trilyun). Ilustrasi ini menawarkan betapa makin penting dan krusialnya episode bursa transfer bagi perkembangan ekonomi sepak bola dunia. Penggumpalan uang di pasar transfer dikuasai lima liga utama di dunia- Premier League, La Liga, Serie A, Bundesliga, serta Ligue 1.

Soal transaksi transfer, La Liga (Rp 9,785 trilyun) hanya kalah kuantitas dari Premier League (Rp 21,4 trilyun). Namun soal kualitas transfer, La Liga tetap memegang tradisi sebagai yang terbaik. Sementara itu dari total Rp 9,785 trilyun tadi, sebanyak Rp 5,20 trilyun atau 53% lebih belanja pemain dilakukan Real Madrid dan Barcelona!

Sejarah pun condong ke mereka melihat rekor lima superman yang terpampang sebagai pencetak rekor dunia transfer. Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale (82,72 juta pound) plus James Rodriguez (70,40) di kubu Real. Kemudian Neymar Da Silva (73,48 juta) dan Luis Suarez (71,28) di pihak Barca. Kalau dilebarkan menjadi Top 10, jatah dua jawara La Liga kian bertambah sehabis nama Zinedine Zidane (64,68), Zlatan Ibrahimovic (61,16) dan Ricardo Kaka (57,20) dimasukkan.

Sayangnya, ada satu superman lain kini ini yang sama sekali tidak pernah terjamah isu transfer. Kita sama-sama mengetahuinya: Lionel Messi. Hmm, berapa ya kira-kira biaya transfer orang bila dilego Barca? Pada 2013, Arsene Wenger pun berspekulasi, katanya mungkin 200 juta pound. Pada 2014, Chelsea beneran melayangkan info banderol 200 juta pound, alias 4 trilyun rupiah. Apakah itu pantas buat harga Messi? Perasaan saja tak cukup tanpa ukuran.

Awal 2015, CIES, forum riset dari Universitas Neuchatel, Swiss, secara percaya diri mempublikasikan nilai Messi. Tak disangka ternyata turun 14% dari prediksi Wenger atau tawaran Chelsea, yaitu 172 juta pound atau mendekati Rp 3,5 trilyun! Makara inilah patokan harga transfer tertinggi pesepak bola seandainya Barca ingin menjual aset termahalnya. (lihat boks).

Katalog belanja CIES sangat berguna dalam bursa transfer pemain animo 2015/16, yang secara de facto telah berlangsung kini ini. Dari data terlihat, sesudah Messi posisi kedua diisi Ronaldo, Eden Hazard ketiga kemudian Diego Costa keempat. Sebal karena kenapa tidak ada Neymar di empat besar, terang ada penyebabnya yang pada intinya berasal dari bantuan untuk tim, pesona komersial, hingga pada tuntutan para penggemar.


 tak satupun klub di dunia yang paling sanggup mengalahkan Real Madrid dan Barcelona di pe Bursa Transfer: Tiga Komoditi Paling Hot
Harga potensi Cristiano Ronaldo mencuat lantaran sisi komersial.
Publikasi CIES ini cukup mengejutkan karena nilai Messi itu 68 juta pound lebih tinggi dari Ronaldo. Ini mampu diandaikan harga sepasang kaki Messi kira-kira setara dengan sepasang kaki dan jidat Ronaldo ditambahi sosok Diego Costa! Anda baiklah Lionel Messi = Cristiano Ronaldo + Diego Costa? Ada ukuran lain di luar hal teknis di dunia transfer. Sebut saja hak komersial sang superstar yang besarannya tidak pernah sama.

La Liga selalu memegang pucuk kualitas transfer. Namun pada kenyataannya di Top 10 versi CIES rombongan Premier League menyumbang enam pemain: Hazard, Costa, Sergio Aguero, Raheem Sterling, Cesc Fabregas, dan Alexis Sanchez. Yang perlu diungkap apa saja sih kriteria CIES, kontributor data statistik tahunan untuk FIFA dan UEFA, sehingga tampak kredibel mempublikasikan katalog harga ini?

Riset CIES (Centre International d'Etude du Sport) untuk menilai fluktuasi nilai pemain top datang dari berbagai kriteria. Mulai dari talenta, usia, genetik sampai skill individu. Ada juga proyeksi periode edar, durasi kontrak, respons pasar, publikasi dan emosional publik, depresiasi, amortisasi, potensi bisnis, sampai besaran honor mereka.

Lumrah saja jika organisasi semacam ECA (European Club Association), EPFL (European Professional Football Leagues), dan SFL (Swiss Football League) memakai laporan periodik CIES untuk database. Faktor penting para superman sepak bola yang berikutnya yaitu prestasi dan usia, yang similar dengan waktu dan kesempatan. Messi mahal alasannya lebih belia tiga tahun dari Ronaldo. Nilai Costa diperhitungkan alasannya adalah setahun lebih muda dari Messi.

Kesempatan superstar lapangan hijau melonjakan banderol diri diawali dari usianya. Usia emas penyerang berkisar 25 hingga 30 tahun. Hazard (24 tahun) adalah satu-satunya pemain di lima besar CIES yang paling muda, sehingga dianggap belum mencapai puncak kematangan. Satu-satunya striker yang berada di ujung kala keemasan yakni Ronaldo (30 tahun). Harga Hazard yang begitu tinggi diambil dari prospeknya.

Proyek Continassa

Hazard (77,60 juta pound) dan Costa (65,70) terbaik di skala dua digit. Menurut Transfermarkt, nilai Hazard naik 33,3%, atau 13,20 juta pound dari harga dasar usai diangkut Chelsea dari Lille pada 2012. Sayap kiri yang dijuluki si pengumpan jitu sekarang dihargai 52,80 juta pound, lonjakan yang seirama dengan CIES. Costa lebih fantastis. Pria ber-KTP Spanyol ini membubung 43% jadi 44 juta pound kurang dari setahun. Saat dijual di 2014, Atletico Madrid melepas Costa cuma 30,80 juta pound.

Meroketnya Hazard dan Costa tiada lain dari kontribusinya ketika membawa Chelsea meraih double-winner di Inggris. Secara ekonomis, dari keduanya saja dalam sekejap Roman Abramovich menangguk keuntungan 26,40 juta pound. Berani jual, kamerad? Hampir bisa dipastikan, tidak! Hazard dan Costa merupakan senjata utama Chelsea untuk merebut target berikut: titel Liga Champion 2015/16.

Dari katalog 10 besar versi CIES itu, selain ketiganya, lonjakan bintang Premier League juga menerpa Alexis Sanchez (47,80) Cesc Fabregas (48,60), Raheem Sterling (49,40), Sergio Aguero (51,00) serta Paul Pogba (56,40). Kelimanya punya kisah indah yang berbeda. Meroketnya nilai Sanchez dari 26,40 juta pound kurang dari setahun dibantu oleh andil besar atas kelahiran rekor titel Piala FA ke-12, jadi mesin gol Arsenal yang gres, serta pengubah mental dan spirit tim.


 tak satupun klub di dunia yang paling sanggup mengalahkan Real Madrid dan Barcelona di pe Bursa Transfer: Tiga Komoditi Paling Hot
Gelandang Juventus, Paul Pogba, berpotensi 'meledak' nilainya.
Fabregas sedang menemukan mood barunya di Stamford Bridge, dan Jose Mourinho niscaya resign andai pemain polesan Wenger itu tiba-datang dijual. Sementara khusus Sterling, sepertinya potensi individual lebih dihitung melihat prestasi mengkhawatirkan klubnya. Tanpa Sterling barangkali Liverpool akan berada di bawah Crystal Palace atau Stoke pada klasemen final. Meski nilainya naik, namun Sterling kenyataannya kehilangan motivasi.

Boleh jadi 'lepasnya' titel 2013/14, cabutnya Luis Suarez sampai gantung sepatunya Steven Gerrard yang bikin Sterling ogah-ogahan meneken kontrak lanjutan, selain homesick dengan London. Transfermarkt ikut mengapresiasi performa Sterling. Nilai jualnya meningkat 130,8%! Saat menggila dalam Trio SSS di 2014, yang membantu Liverpool sebagai runner-up 2013/14, harga pasaran Sterling 'cuma' 11,44 juta pound.

Posisi Aguero sangat nyaman sehingga tidak akan masuk daftar jual di Manchester City. Bayangkan kubu Etihad telah mengikat eks menantu Diego Maradona ini hingga 2019! Dari 10 besar pemain termahal versi CIES, dua superstar yang berpotensi jadi komoditi paling hot di bursa transfer isu terkini 2015/16 yaitu Paul Pogba dan Gareth Bale. Perlu dicatat, sekarang Bale hanya bernilai jual 47 juta pound.

Inilah si superstar yang nilainya paling anjlok. Bahkan oleh CIES, leher mantan hero Tottenham Hotspur kini cuma dikalungi harga 47 juta pound, menukik amat drastis dari rekor dunia yang 82,72 juta pound. Artinya selama dua demam isu di Bernabeu kualitas atau bakat Bale malah terdepresiasi sadis, hampir 44%! Tak ayal nasib Bale kolam telur di ujung tanduk. Apakah ini menandakan bro Bale bakal diobral?

Harusnya sih iya, eh, maksudnya entrenador Rafael Benitez-lah kelak sang penentunya, ke mana, atau kapan waktunya. Dimusuhinya Bale oleh Madridista yang berdampak pada tidak larisnya kostum bernomor 11 yaitu fakta yang harus dibela Benitez. Sanggupkah Bale menaikkan lagi kredibilitasnya sebagai pemain termahal di dunia? Atau, satu-satunya jalan adalah pindah seperti yang dilakukan Fabregas saat value-nya anjlok di Barcelona?

Pogba punya segalanya. Bakat aduhai, faktor usia, fisik dan tenaga yang mumpuni, kreativitas dan ambisi jempolan sehingga status potensi yang sempurna, kecuali di mata Sir Alex Ferguson. Pogba yakni pemain termahal di Bianconeri yang berkontribusi besar atas rengkuhan scudetto dan titel Coppa Italia serta finalis Liga Champion musim ini.

Ruang dan waktu sedang berpihak pada pria kelahiran 5 Maret 1993 ini. Karena keseringan dikelilingi pemain jompo, gairah funky Pogba sulit dieksplorasi optimal kecuali aura kontribusinya saja. Maksudnya hanya dinilai dari sisi permainan tok. Jika lebih dipercaya sebagai protagonis utama di lini tengah, dalam dua-tiga tahun ke depan Prancis dan Juve bakal punya Zinedine Zidane gres. Namun label 56,40 juta pound sungguh menggoda Juventus.

Bianconeri lagi hobi-hobinya cari profit untuk menutupi cicilan utang bank seusai membangun Juventus Stadium (2009-2011). Bak belum yakin menjamin abad depannya, Bianconeri kembali mengkreasi proyek Continassa yang berisikan pusat latihan, toko, dan hotel. Per Juni 2014 utang Juve membengkak ke 206 juta euro dari yang tadinya 160,3 juta euro pada Juni 2013. Bagaimana, Pogba jadi dijual? Sabar, kita mesti menunggunya.

TOP 120's PRICE LISTS TRANSFER 2015


 tak satupun klub di dunia yang paling sanggup mengalahkan Real Madrid dan Barcelona di pe Bursa Transfer: Tiga Komoditi Paling Hot

 
Pemain Bintang (Klub)
Usia
Posisi Main      
Nilai Transfer (Rp)
  01. Lionel Messi (Barcelona)
27
Sayap kanan
3.493.361.864.000
  02. Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 
30
Sayap kiri
2.110.994.452.000
  03. Eden Hazard (Chelsea)
24
Sayap kiri
1.570.596.064.000
  04. Diego Costa (Chelsea)
26
Penyerang tengah
1.333.792.276.000
  05. Paul Pogba (Juventus)
21
Gelandang tengah
1.141.515.696.000
  06. Sergio Aguero (Manchester City) 
27
Penyerang tengah
1.032.221.640.000
  07. Raheem Sterling (Liverpool)     
20
Sayap kanan
999.838.216.000
  08. Francesc Fabregas (Chelsea)     
28
Gelandang tengah
983.646.504.000
  09. Alexis Sanchez (Arsenal)
26
Sayap kiri
967.454.792.000
  10. Gareth Bale (Real Madrid)       
25
Sayap kanan
951.263.080.000
  11. Neymar Da Silva (Barcelona)     
23
Sayap kiri
918.879.656.000  
  12. Angel Di Maria (Manchester United) 
27
Sayap kanan
902.687.944.000  
  13. Mario Gotze (Bayern Muenchen)
24
Gelandang serang
823.753.348.000  
  14. James Rodriguez (Real Madrid)    
23
Gelandang serang
791.369.924.000  
  15. Oscar Dos Santos (Chelsea)      
23
Gelandang serang
791.369.924.000  
  16. Luis Suarez (Barcelona)
28
Penyerang tengah
761.010.464.000  
  17. Thibaut Courtois (Chelsea)      
23
Kiper
712.435.328.000  
  18. Isco Alarcon (Real Madrid)      
23
Gelandang serang
712.435.328.000  
  19. Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)     
26
Penyerang tengah
696.243.626.000 
  20. Koke Merodio (Atletico Madrid)  
23
Sayap kiri
696.243.626.000  
  21. Karim Benzema (Real Madrid)     
27
Penyerang tengah
680.051.904.000  
  22. Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
24
Penyerang kedua
663.860.192.000  
  23. Toni Kroos (Real Madrid)        
25
Gelandang bertahan
649.692.444.000  
  24. Thomas Muller (Bayern Muenchen
25
Penyerang kedua
617.309.020.000  
  25. Romelu Lukaku (Everton)         
22
Penyerang tengah
601.117.308.000  
  26. Edinson Cavani (Paris Saint-Germain)       
28
Penyerang tengah
601.117.308.000  
  27. Luka Modric (Real Madrid)       
29
Gelandang tengah
584.925.596.000  
  28. Wayne Rooney (Manchester United)
29
Penyerang kedua
584.925.596.000  
  29. Christian Eriksen (Tottenham Hotspur)   
23
Gelandang serang
570.757.848.000  
  30. Mesut Ozil (Arsenal)
26
Gelandang serang
570.757.848.000  
  31. Jerome Boateng (Bayern Muenchen)
26
Bek tengah
554.566.136.000  
  32. Manuel Neuer (Bayern Muenchen)  
29
Kiper
554.566.136.000 
  33. Miralem Pjanic (AS Roma)        
25
Gelandang tengah
554.566.136.000  
  34. David Silva (Manchester City)   
29
Gelandang serang
554.566.136.000 
  35. Philippe Coutinho (Liverpool)   
23
Gelandang serang
538.374.424.000  
  36. Gonzalo Higuain (Napoli)
27
Penyerang tengah
538.374.424.000 
  37. Vincent Kompany (Manchester City)
29
Bek tengah
538.374.424.000  
  38. Marco Reus (Borussia Dortmund)
26
Sayap kiri
538.374.424.000 
  39. Sergio Busquets (Barcelona)     
27
Gelandang bertahan
538.374.424.000  
  40. Willian Borges (Chelsea)
27
Sayap kanan
516.110.820.000  
  41. Sergio Ramos (Real Madrid)      
29
Bek tengah
516.110.820.000  
  42. Marco Veratti (Paris Saint-Germain)
22
Gelandang tengah
516.110.820.000  
  43. Ross Barkley (Everton)
21
Gelandang serang
516.110.820.000  
  44. Juan Mata (Manchester United)   
27
Gelandang serang
516.110.820.000  
  45. Mateo Kovacic (Internazionale Milano)  
21
Gelandang tengah
505.991.000.000  
  46. Alexandre Lacazette (Lyon)      
24
Penyerang tengah
505.991.820.000  
  47. Lucas Moura (Paris Saint-Germain)
23
Sayap kanan
505.991.820.000  
  48. Yaya Toure (Manchester City)    
32
Gelandang tengah
505.991.820.000  
  49. Jack Wilshere (Arsenal)
23
Gelandang tengah
505.991.820.000  
  50. Arturo Vidal (Juventus)
28
Gelandang tengah
489.799.288.000  
  51. Andres Iniesta (Barcelona)      
31
Gelandang tengah
489.799.288.000  
  52. Nemanja Matic (Chelsea)         
27
Gelandang bertahan
475.631.540.000  
  53. Danny Welbeck (Arsenal)
22
Penyerang tengah
475.631.540.000  
  54. Andre Schuerrle (Wolfsburg)     
24
Sayap kiri
475.631.540.000  
  55. Aaron Ramsey (Arsenal)
24
Gelandang tengah
475.631.540.000  
  56. Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal)
21
Sayap kanan
459.439.828.000  
  57. David Alaba (Bayern Muenchen)   
22
Bek kiri
459.439.828.000  
  58. Santi Cazorla (Arsenal)
30
Gelandang serang
459.439.828.000  
  59. Juan Cuadrado (Chelsea)
27
Sayap kanan
459.439.828.000  
  60. Radamel Falcao (Monaco)         
29
Penyerang tengah
443.248.116.000  
  61. Jordan Henderson (Liverpool)    
24
Gelandang tengah
427.056.404.000  
  62. Alvaro Morata (Juventus)
22
Penyerang tengah
427.056.404.000  
  63. Ivan Rakitic (Barcelona)
27
Gelandang tengah
427.056.404.000  
  64. Carlos Vela (Real Sociedad)     
26
Sayap kanan
427.056.404.000  
  65. Mario Balotelli (Liverpool)     
24
Penyerang tengah
410.864.692.000  
  66. Gerard Pique (Barcelona)
28
Bek tengah
410.864.692.000  
  67. Luke Shaw (Manchester United)   
19
Bek kiri
410.864.692.000  
  68. Cesar Azpilicueta (Chelsea)     
25
Bek kiri
394.672.980.000  
  69. Wilfried Bony (Manchester City) 
26
Penyerang tengah
394.672.980.000  
  70. Daniel Carvajal (Real Madrid)   
23
Bek kanan
394.672.980.000  
  71. Kevin De Bruyne (Wolfsburg)     
23
Gelandang serang
394.672.980.000  
  72. Roberto Firmino (Hoffenheim)    
23
Gelandang serang
394.672.980.000  
  73. Adnan Januzaj (Manchester United)  
20
Sayap kiri
394.672.980.000  
  74. Gervinho Kouassi (AS Roma)      
28
Sayap kanan
394.672.980.000  
  75. Iker Muniain (Athletic Bilbao) 
22
Sayap kiri
394.672.980.000  
  76. Mats Hummels (Borussia Dortmund)
26
Bek tengah
394.672.980.000  
  77. Arjen Robben (Bayern Muenchen)
31
Sayap kanan
394.672.980.000  
  78. Daniel Sturridge (Liverpool)     
25
Penyerang tengah
394.672.980.000  
  79. Jose Callejon (Napoli)
28
Sayap kanan
380.505.232.000  
  80. Samir Nasri (Manchester City)   
27
Sayap kiri
380.505.232.000 
  81. Leonardo Bonucci (Juventus)     
28
Bek tengah
380.505.232.000  
  82. Marek Hamsik (Napoli)
28
Gelandang serang
380.505.232.000  
  83. Julian Draxler (Schalke)
21
Sayap kiri
380.505.232.000 
  84. Olivier Giroud (Arsenal)
28
Penyerang tengah
380.505.232.000  
  85. David Luiz (Paris Saint-Germain)
28
Bek tengah
380.505.232.000  
  86. Thiago Silva (Paris Saint-Germain)
30
Bek tengah
380.505.232.000  
  87. Marquinhos Correa (Paris Saint-Germain)    
21
Bek tengah
364.313.520.000  
  88. Calum Chambers (Arsenal)        
20
Bek kanan
364.313.520.000  
  89. Edin Dzeko (Manchester City)    
29
Penyerang tengah
364.313.520.000  
  90. Diego Godin (Atletico Madrid)   
29
Bek tengah
364.313.520.000  
  91. Raphael Varane (Real Madrid)    
22
Bek tengah
364.313.520.000 
  92. Medhi Benatia (Bayern Muenchen)
28
Bek tengah
364.313.520.000  
  93. Fernandinho Luiz (Manchester City)     
30
Gelandang tengah
364.313.520.000  
  94. Radja Nainggolan (AS Roma)      
27
Gelandang tengah
348.121.808.000  
  95. Carlos Tevez (Juventus)
31
Penyerang kedua
348.121.808.000  
  96. Marcelo Vieira (Real Madrid)    
27
Bek kiri
348.121.808.000 
  97. Roberto Pereyra (Juventus)      
24
Gelandang serang
331.930.096.000  
  98. Son Heung-min (Bayer Leverkusen)
22
Sayap kiri
331.930.096.000  
  99. Arda Turan (Atletico Madrid)    
28
Sayap kanan
331.930.096.000  
100. Adam Lallana (Liverpool)
27
Gelandang serang
331.930.096.000 
101. Adem Ljajic (AS Roma)
23
Sayap kiri
331.930.096.000  
102. Antonio Candreva (Lazio)
28
Sayap kanan
331.930.096.000  
103. Stevan Jovetic (Manchester City)
25
Penyerang kedua
331.930.096.000  
104. Pedro Rodriguez (Barcelona)    
27
Sayap kanan
331.930.096.000  
105. Ramires Santos (Chelsea)       
28
Gelandang bertahan
331.930.096.000  
106. Blaise Matuidi (Paris Saint-Germain)
28
Gelandang tengah
315.738.384.000  
107. Juan Bernat (Bayern Muenchen)  
22
Bek kiri
315.738.384.000  
108. David De Gea (Manchester United)
24
Kiper
315.738.384.000  
109. Mauro Icardi (Internazionale Milano)  
22
Penyerang tengah
315.738.384.000  
110. Erik Lamela (Tottenham Hotspur)
23
Sayap kanan
315.738.384.000  
111. Dries Mertens (Napoli)
28
Sayap kiri
315.738.384.000  
112. Gary Cahill (Chelsea)
29
Bek tengah
315.738.384.000  
113. Eliquim Mangala (Manchester City)     
24
Bek tengah
315.738.384.000  
114. Henrik Mkhitaryan (Borussia Dortmund)   
26
Gelandang serang
315.738.384.000  
115. Moussa Sissoko (Newcastle United) 
25
Gelandang serang
315.738.384.000  
116. Thiago Alcantara (Bayern Muenchen)       
24
Gelandang tengah
315.738.384.000  
117. Lorenzo Insigne (Napoli)
24
Sayap kiri
315.738.384.000  
118. Franck Ribery (Bayern Muenchen)
32
Sayap kiri
315.738.384.000  
119. Bastian Schweinsteiger (Bayern Muenchen)
30
Gelandang tengah
315.738.384.000            
120. Robin van Persie (Manchester United)     
31
Penyerang tengah
315.738.384.000        
 
Sumber: CIES Football Observatory 
catatan: kurs 1 GBP = IDR 20.239,64 per 3 Juni 2015

(foto: espnfc/youtube/legaseriea.it)

0 comments:

Post a Comment