Wednesday, May 22, 2013

Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan

Bila melihat usianya yang sudah 71 tahun, kelarnya karier laki-laki renta bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE (Commander of the Most Excellent Order of the British Empire) dari panggung sepak bola dunia merupakan aturan alam, konsekuensi yang harus terjadi. Namun hingga kapanpun beliau akan dikenang awet sebagai petarung sejati, seorang manajer yang luar biasa jago.

 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier MenakjubkanGenerasi yang akan datang, mungkin puluhan tahun, ratusan tahun lalu niscaya akan iri dengan kita; generasi yang hidup sezaman dengan sang kreator terhebat dalam kemenangan yang tiada duanya ini. Berbahagialah generasi yang bisa menyaksikan eksklusif perannya, gayanya, reaksi marahnya, kunyahan permet karetnya di pinggir lapangan. Bagaimana dia menuding wasit, ketika mendamprat manajer lain. Satu kenangan yang bakal sulit didapat oleh manajer lain, siapapun beliau. Beberapa manajer, pemain, wartawan, dan para analis lainnya, bahkan mungkin Anda, malah tak sungkan menganggapnya manajer sepak bola terhebat dan tersukses yang pernah hidup. 

Dengan total 49 gelar juara, 38 diantaranya di Manchester United, coba tolong sebutkan ada manajer lain yang mampu berprestasi sebegini hebatnya di kompetisi paling keras dan sengit di dunia pula. Laga West Bromwich Albion vs Manchester United di The Hawthorns, 19 Mei 2013, yakni momentumnya. Anda nonton tubruk ini? Jika ya, maka sekali lagi berbahagialah, alasannya adalah ini pemandangan terakhir diri SAF ada di pinggir lapangan sambil mengunyah permen karet plus wajahnya yang kasar. Dia tetap berangasan meski Red Devils sudah menjuarai Premier League pada 22 April 2013.
 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan
Laga terakhir Sir Alex Ferguson sebagai manajer Manchester United.
Dalam berkelahi yang berakhir 5-5 itu, Sir Alex menerima aplaus panjang dari publik The Hawthorns. Sepekan sebelumnya, 12 Mei 2013, sesudah United menggebuk Swansea City 2-1, dia didaulat mengucapkan kata perpisahan dan dengan sangat bermartabat SAF menerima medali penghargaan. Tiga pekan sebelumnya lagi, beliau meraih gelar ke-13 liga yang menggenapkan perolehan milestones 20 titel bagi Red Devils.

Meraih 13 titel Premier League selama hampir 27 tahun berkarier di Old Trafford yakni pencapaiannya yang paling spektakuler. Juga dua titel Liga Champion di 1998/99 dan 2007/08. Tentu ada pula kegagalannya, namun 15 titel di atas tak syak lagi ialah masterpiece-nya. Untuk mengenang kehebatan mantan striker ini, berikut lintasan singkat tahun-tahun perjalanan hidup dan kariernya.

Sir Alexander Chapman Ferguson, CBE

1941: Dilahirkan pada 31 Desember di Govan, Glasgow, Skotlandia.
1957: Bergabung dengan klub Queens Park sebagai pemain amatir sambil magang bekerja di pabrik peralatan di Glasgow.
 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan

1960: Bergabung di klub St Johnstone sebagai pemain cabutan (part-timer).
1964: Berhenti bekerja di pabrik alasannya bergabung di klub Dunfermline.
1967: Ditransfer ke Glasgow Rangers dengan nilai £65.000.
1969: Ditransfer lagi ke klub Falkirk senilai £20.000.
1973: Membela klub Ayr, kembali bekerja di kafe miliknya di Glasgow.
1974: Berhenti jadi striker, ditawari melatih klub East Stirling pada September, tapi pada Desember pindah lagi untuk melatih klub St Mirren.
1978: Dipecat oleh St Mirren, namun malah naik pangkat sehabis menerima usulan di klub Aberdeen untuk menggantikan Billy McNeill.
 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan
1980: Meraih gelar pertama di Liga Skotlandia sebagai pelatih Aberdeen.
1982: Aberdeen meraih Piala Skotlandia sesudah menang 4-1 atas Rangers.
1983: Aberdeen mempertahankan titel, setelah mengalahkan Rangers 1-0, serta memenangkan Piala Winner di Goteborg usai menumbangkan Real Madrid 2-1.
1984: Aberdeen meraih double-winner, di tamat menghajar Celtic 2-1. Setelah itu menerima gelar OBE.
 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan
1985: Ditunjuk menjadi caretaker manager untuk kualifikasi Piala Dunia 1986 di Wales karena meninggalnya instruktur Skotlandia Jock Stein
1986: Skotlandia tersingkir cepat pada Piala Dunia 1986. Tak lama, menerima proposal Manchester United untuk mengisi pos Ron Atkinson yang dipecat.
1989: Memecahkan rekor transfer di Britania dengan mendatangkan Gary Pallister senilai 2,3 juta pound dari Middlesbrough.
1990: Trofi pertama di United, setelah mengalahkan Crystal Palace 1-0 di akhir ulangan Piala FA. Final pertama berkesudahan 3-3.
1991: Trofi kedua setelah Manchester United menang 2-1 atas Barcelona pada selesai Piala Winners di Rotterdam.
1992: Titel ketiga berupa Piala Super Eropa. United menundukkan Crvena Zvevda (Red Star). Namun di akhir Piala Liga, kalah 0-1 dari Nottingham Forest. Impian meraih titel pertama di Liga Inggris juga pupus setelah Leeds United melangkahi total nilai Red Devils di pekan terakhir.
1993: Setelah menunggu 26 tahun, Manchester United meraih titel liga dengan unggul 10 poin atas Aston Villa di edisi pertama Premier League. Lalu membeli Roy Keane dari Nottingham Forest yang memecahkan lagi rekor transfer sebesar 3,75 juta pound
1994: Meraih double-winner pertama di Inggris (Premier League dan Piala FA).
1995: Kembali memecahkan rekor transfer di Inggris, kali ini atas nama Andy Cole yang digaet dari Newcastle United dengan harga 7 juta pound; Namun ekspresi dominan ini tanpa titel. United hanya menjadi runner-up-nya Blackburn Rovers di liga, sementara Piala FA diraih oleh Everton.
1996: United menjadi klub pertama yang meraih double-winner sampai dua kali. Di liga upaya Newcastle yang distop. Di Piala FA meredam Liverpool 1-0 di Wembley.
1997: Dalam lima trend terakhir, gelar keempat liga kembali diraih.
1998: Finis tanpa sebuah trofi yang kesemuanya direnggut Arsenal.
 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan
1999: Meraih treble-winner; Liga Champion, Premier League, dan Piala FA. Dianugerahi gelar Ksatria di ketika ulang tahun Ratu Elizabeth II.
2000: Menggamit lagi titel keenam di Premier League dengan selisih 18 angka.
2001: Gelar ketujuh di Premier League dalam 9 tahun.
2002: Mengubah keputusan pensiun dengan meneken kontrak tiga tahun. United menyudahi kompetisi tanpa gelar, berada di luar dua besar untuk pertama kali.
2003: Ribut dengan David Beckham di ruang ganti. Menyebut undian Liga Champion sudah diatur. Mempidanakan komisaris utama klub John Magnier ke pengadilan gara-gara kepemilikan kuda pacu bernama Rock of Gibraltar. United meraih gelar liga kedelapan.
2004: Titel liga direbut Arsenal. Di selesai Piala FA, United mengatasi Millwall. Mengontrak Wayne Rooney dengan rekor transfer 27 juta pound.
2005: Titel liga direbut Chelsea. Di selesai Piala FA, United kalah langgar penalti dari Arsenal.
2006: Hanya meraih trofi di Piala Liga. Di selesai mengalahkan Wigan 4-0.
2007: Meraih kembali titel di Premier League yang pertama dalam empat tahun terakhir. Namun di akhir Piala FA kalah dari Chelsea.
2008: Mempertahankan titel liga. Juga merebut Liga Champion setelah menang langgar penalti atas Chelsea di Moskow. Terakhir, meraih titel juara dunia antarklub.
2009: Gelar liga kesebelas dan merebut Piala Liga dengan mengatasi Tottenham di selesai. Namun pada simpulan Liga Champion di Roma kalah dari Barcelona 0-2.
 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan
2010: Resmi menjadi manajer United terlama dalam sejarah. Hanya meraih Piala Liga dengan mengalahkan Aston Villa di tamat. Titel liga berpindah ke tangan Chelsea yang dilatih Carlo Ancelotti.
2011: Dihukum lima berkelahi dihentikan ada di pinggir lapangan dan denda 30 ribu pound setelah menyerang wasit Martin Atkinson sehabis kalah 1-2 dari Chelsea di bulan Februari dengan kata-kata. "Anda ingin wasit yang adil, wasit yang besar lengan berkuasa, dan kami tidak mendapatkannya. Saya harus katakan, dikala aku melihat wasit yang pengecut, maka saya takut dengan hal-hal yang jelek."
2012: Mei: Tersingkir secara menyakitkan di pekan pamungkas untuk menjadi juara Premier League alasannya adalah kalah selisih gol. Titel direbut Manchester City melalui gol emas Sergio Aguero di detik terakhir. September: Menyelesaikan tabrak ke-1.000 di United (vs Southampton). Lalu meraih kemenangan ke-100 di Liga Champion dengan mengalahkan Galatasaray.
 kelarnya karier pria tua bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE  Sir Alex Ferguson (6): Lintasan Karier Menakjubkan
2013: Gelar ke-13 di liga yang membulatkan rekor titel United menjadi 20 kali, sesudah mengalahkan Aston Villa 3-0 di Old Trafford pada 22 April. Lalu pada 8 Mei, United mengumumkan pengunduran dirinya sebagai manajer di simpulan musim ini dan akan menjadi salah satu direktur senior di Old Trafford. Upacara perpisahan di Old Trafford pada 12 Mei. Memanajeri United terakhir kali pada 19 Mei di The Hawthorns dengan skor 5-5. Meluncurkan otobiografi berjudul My Autobiography pada 22 Oktober.

(foto: quora/footballgeeza/bbc/dailyrecord/dailymail)

0 comments:

Post a Comment