Sunday, December 21, 2014

Lionel Messi (2): Diimpikan Korea Utara

Ada sebuah cerita dari Korea Utara belum usang ini. Kisah wacana harapan anak-anak negeri itu di kurun depan. Apakah mereka berhasrat menjadi tentara dan siap berperang dengan Korea Selatan? Tidak, belum waktunya. Apakah pada bermimpi pergi ke Eropa untuk menyaksikan pribadi aksi para bintang? Tidak, justru sebaliknya.
Ada sebuah cerita dari Korea Utara belum lama ini Lionel Messi (2): Diimpikan Korea Utara
Fenomena kepopuleran Lionel Messi di Korea Utara.
Menurut seorang pejabat tinggi asosiasi sepak bola Korea Utara, belum dewasa mereka ternyata amat keranjingan dengan Lionel Messi. Singkat kata, sang pejabat itu berniat mengundang bintang Argentina dan Barca itu ke negerinya sesudah mendengar permintaan bawah umur mereka. Ucapan ini mengakibatkan spekulasi terselubung.

Beberapa media massa di Barat menduganya bukan dari impian para bocah, namun bekerjsama kemauan sang pemimpin; Kim Jong-un. Sudah jadi buah bibir di seantero negeri bahwa Kim Jong-un sangat menggemari sepak bola mirip ayahnya, Kim Jong-il dan kakeknya, Kim Il-sung, sang yang kuasa negeri pintu besi.

Ada sebuah cerita dari Korea Utara belum lama ini Lionel Messi (2): Diimpikan Korea Utara
Apakah Lionel Messi juga mengidolai Kim Jong-un, setidaknya gayanya?
Di balik sifat introvert-nya diktator berusia 31 tahun itu amat kondang sering membuat sensasi. Selain aneh bola, putra bungsu mendiang Kim Jong-il itu juga penggemar bola basket. Februari 2013, tanpa diduga Jong-un mengundang bintang basket AS, Dennis Rodman dan rombongan Harlem Globetrotters ke negerinya untuk bereksibisi. Di lalu hari, Jong-un malah berteman dengan Rodman. Kedatangan Messi agaknya menjadi tujuan berikutnya untuk menebar kegemparan.

"Saya ingin undang Messi alasannya adalah belum dewasa kami mencintainya," sebut Han Un-gyong, satu-satunya perempuan se-Korea Utara yang menjadi Exco di AFC, konfederasi sepak bola Asia. Menurut Un-gyong, bawah umur Korea Utara segala umur dan jenis kelamin, selalu menyebut nama Messi saat ditanyakan siapa pemain idola mereka. "Mereka menyayangi alasannya adalah Messi orang yang sangat jujur dan ikhlas ikhlas. Dia menyayangi belum dewasa," tambahnya. Anak-anak yang dimaksud Un-gyong adalah murid di Sekolah Sepak Bola Internasional di PyongYang yang didirikan Kim Jong-un. Popularitas Messi menembus batas terdalam ke negeri paling tertutup sedunia itu. Tidak saja pemimpinnya, tetapi juga semua anak-anaknya mengidolai Messi. Mereka membaca apapun tentangnya, menontonnya via TV dan internet. Apakah nama Messi akan melegenda baka di Korea Utara? Waktulah yang memilih. 

(foto: mid-day/scmp/indiatimes/ibtimes)

0 comments:

Post a Comment