Monday, November 10, 2014

Liga Ekstraklasa: Psikososial Warisan Sejarah

Eskalasi kerusuhan sepak bola Polandia sebangun dengan Inggris di era 1980 dan 1990-an. Malahan dikala onar di Inggris sudah mereda, bahkan sekarang nyaris punah di pentas Premier League, di Liga Ekstraklasa masih berlangsung terutama di laga derbi atau big-match atau wielki mecz - yang melibatkan empat klub raksasanya.
Eskalasi kerusuhan sepak bola Polandia sebangun dengan Inggris di era  Liga Ekstraklasa: Psikososial Warisan Sejarah
Salah satu pertunjukan mencekam dari Ustawka, gerombolan ultras.
Dahulu atmosfir berkelahi Cracovia vs Wisla Kraków sangat angker warga. Inilah langgar horor paling klasik di Polandia yang sudah ada sebelum Perang Dunia I. Saking sakralnya derbi sekota ini disebut swieta wojna, holy war alias perang suci. Bayangkan di tengah-tengah kontrol tentara Jerman pun, sesudah Polandia dianeksasi Nazi semenjak 1939, mereka hambar dan lupa dengan keadaan.

Pada 17 Oktober 1943, Krakow dilanda kerusuhan besar gara-gara perkelahiran berjam-jam kedua pendukung mulai dari dalam stadion sampai ke Ludminow di sentra kota. Kejadian ini rada mengagetkan tentara Schutzstaffel (SS) Nazi yang berpatroli. Namun kemudian mereka sengaja membiarkan saja amuk massa tersebut. “Syukur-syukur banyak yang mati,” harap mereka.

Kisah hooliganisme dilaporkan pertama kali secara terbuka pada 2 Juni 1935. Saat Cracovia dan Ruch Chorzów berlaga, para polisi dikabarkan kewalahan memisahi tawuran yang menjalar ke dalam lapangan. Pada 15 Juni 1936, harian Przegląd Sportowy sampai menghimbau klub Slask Swietochłowice biar bisa mengatur pendukungnya dan menjaga ketertiban umum.

Setelah dibebaskan Sekutu selepas Perang Dunia II, karut marut keributan sepak bola tak juga hilang. Pada 29 September 1947 di kota Sosnowiec, pada tubruk RKU Sosnowiec vs AKS Chorzów, terjadi pemandangan mengerikan ketika petugas pemadam kebakaran dan Milicja Obywatelska, polisi militer didikan Uni Soviet, menggiring 20.000-an orang keluar dari stadion.

Dengan memakai semprotan dan senapan, mereka coba menahan ribuan pendukung tuan rumah yang mengamuk sesudah RKU hanya menang 3-2 atas AKS sehingga gagal promosi ke divisi utama. Publik Sosnowiec yang tadinya mau menghajar wasit dan para pemain AKS, malahan banting stir dengan berperang dengan polisi selama dua jam lebih.

Karena ada rivalitas baka antar-etnis di balik kerusuhan antara Sosnowiec dan Chorzów, dilema pun mudah tersulut. Memang cuma seorang yang tewas, tapi puluhan korban terluka parah. Secara umum amuk massa sepak bola Polandia hingga 1960-an masih bersifat spontan dari permainan, tak menerima kekalahan atau gara-gara keseringan nenggak alhokol. Itu saja.

Fenomena berubah di kurun 1970-an. Efek dari Perang Dingin, rezim komunis yang represif serta kondisi sosial yang serba minus meletupkan kombinasi dahsyat kekerasan tontonan. Klub-klub dijarah pejabat negara dan komunitasnya dibajak untuk kepentingan penggalangan massa. Buntutnya, suporter beberapa klub sering bentrok, biasanya di bersahabat stadion atau stasiun kereta.

Di abad ini masyarakat mengenal istilah szalikowcy, bahasa lokal untuk bilang “pendukung fanatik”. Seorang wartawan, Grzegorz Aleksandrowicz, lalu mengenalkan istilah “fan clubs” untuk mempopulerkan keberadaan mereka sekaligus klub-klub Polandia di Eropa. Namun sejak awal 1980-an dihentikan keras oleh rezim baru penguasa militer alasannya adalah dirasa bisa memotret situasi negara.

Uniknya di balik sikap antipati antar suporter klub, muncul pula aliansi antar pendukung yang bertujuan saling dukung dan cari pengaruh. Mereka memilih satu klub yang paling sejalan. Misalnya aliansi Legia Warszawa dan Zaglebie Sosnowiec atau Polonia Warszawa dan Cracovia. Persekutuan tertua diketahui antara loyalis Slask Wroclaw dengan Lechia Gdanks pada 1977.

Ketika Ruch Chorzow bertanding melawan Lomba Kompetensi Siswa Lodz, 3 Mei 2004, grup radikal mereka yang bernama “Psycho Fans” menerima pertolongan tenaga dari para pendukung Widzew Lodz, musuh bebuyutan Lomba Kompetensi Siswa. Bentrokan pendukung tiga klub dan polisi di stadion Miejski itu menghasilkan ratusan korban termasuk para polisi, 55 orang diantaranya dibawa ke rumah sakit.

Kelakuan Legionisci
Eskalasi kerusuhan sepak bola Polandia sebangun dengan Inggris di era  Liga Ekstraklasa: Psikososial Warisan Sejarah
Aksi Szalikowcy Legia, grup fanatik Legia Warszawa. Punya faksi menakutkan, Jihad Legia.
Tawuran penonton di Polandia memang tak mengenal medan. Contohnya jelang simpulan Piala Polandia antara Legia vs Lech Poznań, 9 Mei 1980. Kota Częstochowa awut-awutan alasannya ratusan fan baku hantam di jalanan. Sebelum ditayangkan ke dalam berita, pemerintah eksklusif menyita rekaman TV tersebut pasalnya siapapun tahu, Legia Warszawa yaitu klub tentara.

Selang dua dekade lebih, Mei 2006, 230 fan Legia ditahan karena berandil besar melukai 50 polisi dan 30 suporter lawan. Tragedi berdarah ini muncul dikala berlangsungnya tubruk memilih Legia vs Wisla. Di luar, ribuan suporter tuan rumah mengacak-ngacak restoran serta bar, dan menjarah toko-toko untuk merayakan tampilnya Legia menjadi juara liga.

Merasa di-beking aparat, Legioniscisuporter Legia - diketahui terbanyak jadi biang kerok keonaran. Satu faksi berjulukan “Jihad Legia” paling ditakuti. Musuh besar mereka yaitu Polonia, Wisla Krakow, Lech Poznan, dan Widzew Lodz. Laga menakutkan buat Legia tak lain derbi lawan Polonia. Meski jauh lebih ahli, Legia belum mampu mengungguli seterunya bila melihat rekor duel 29-20-29 dari 78 tabrak.

Pada derbi di April 2006, dengan gas CS dan peluru karet, polisi menerjunkan 1.300 personilnya untuk mengontrol 3.000 fan Legia garis keras. Tanpa diketahui, beberapa pejabat UEFA mengamati insiden itu pribadi on the spot. Namun tidak ada hukuman alasannya langgar tersebut berkategori liga domestik. Hingga sekarang Legia Warszawa menjadi klub incaran UEFA.

Belum lama ini pendukung mereka clash dengan UEFA gara-gara dicoret dari Liga Champion karena Legia tertangkap tangan menurunkan pemain tak terdaftar dikala mengalahkan Glasgow Celtic. Legia dicoret dari Liga Champion dan dilempar ke Liga Europa. September silam, fan Legia menghina UEFA lewat banner raksasa di stadion Pepsi Arena. Akibatnya klub itu didenda 80.000 euro.

Hooliganisme sepak bola di Polandia mencapai kesuburan pada 1984-89 sebab terjadi 99 kali keributan dan kebanyakan terjadi di kota-kota besar. Tapi laporan resmi pemerintah cuma bilang dua orang saja yang tewas. Masuk kala 1990-an, muncul berbagai perusahaan “hooligan” hasil bekingan para politisi yang memakai spektrum klub untuk mengalahkan pesaingnya.

Aktivis grup ultras yang dikenal konservatif, religius, dan berorientasi sayap kanan mirip halnya secara umum dikuasai rakyat Polandia, bak mendapat angin. Slask Wroclaw, Lechia Gdańsk, Lech Poznań dan Legia merupakan golongan paling patriotik di mana kebanyakan anggotanya berpotongan tentara. Ciri khas mereka adalah selalu menyanyikan yel-yel nasionalis di stadion.

Di Polandia, jenis kerusuhan bola berbeda dengan di Eropa Barat. Selain menjinjing aneka pentungan hingga tongkat bisbol, botol bir, bayonet, atau bom molotov, kedua fan biasanya juga membawa-bawa panji identitas, politik, sampai agama. Biasanya kondisi tamat lebih dari sekedar babak belur. Kematian atau kehancuran kota merupakan risiko yang hampir pasti terjadi.

Ketika internet mulai lahir pada 1994, peperangan antar suporter makin variatif. Modus baru berupa provokasi, bahaya, agitasi, hinaan bertebaran di banyak sekali situs sebelum laga panas berlangsung. Saking maraknya, satu fanzines yang bertitel “Polish Hooligan League” diresmikan. Bukan main, di negara ini tawuran antar pendukung rupanya menjadi bab penting sepak bola!

Kaum hooligan Polandia mengadaptasi gaya kolega-kolega mereka dari Inggris, Jerman, dan tentu saja, kaum skinhead. Sejak 1990-an, pemerintah mendirikan unit Komenda Glówna Policji yang khusus menangani kerusuhan sepak bola. Tugas mereka tidak lagi di lapangan, namun juga menyortir internet dan jaringan seluler yang dimiliki 70-80 perusahaan hooligan seantero negeri.

Korban Sejarah

Di Polandia perusuh berkategori berat ini dinamakan ustawka. Gerombolan ultras ini paling rapi modusnya karena punya unit khusus untuk meladeni polisi atau mengatasi kelompok musuh. Mereka sudah menentukan medan “peperangan” dengan perhitungan strategis. Latihan fisik juga dilakukan jauh “lebih berat” saat yang akan dihadapi ialah kelompok yang dianggap militan.
Eskalasi kerusuhan sepak bola Polandia sebangun dengan Inggris di era  Liga Ekstraklasa: Psikososial Warisan Sejarah
Suasana perang pada duel mengerikan Lech Poznań vs Legia Warszawa.
Uniknya lagi perasaan nasionalisme kaum hooligan ini dikenal cukup tinggi jikalau sabung sepak bola berpindah ke tema kebangsaan. Kesan inferior eksklusif berubah tatkala Biale Orly (Elang Putih) alias tim nasional Polandia berlaga. Bahkan secara global, barangkali mereka yaitu “juara dunia-nya” kelompok kerusuhan di sepak bola.

Beberapa kelompok yang sepaham membentuk faksi dadakan saat tim nasional Polandia akan bertanding. Hasilnya, mereka bikin kerusuhan di Rotterdam 1992, Chorzow 1993, Zabrze 1994, dan Bratislava 1995. Secara khusus, musuh turun-temurun szalikowcy ialah pendukung Inggris dan Jerman. Namun pada dasarnya, mereka sangat potensial untuk bikin onar di mana saja.

Ketika Polandia kalah 0-1 dari Jerman di Dortmund pada Piala Dunia 2006, kerusuhan muncul di Frankfurt yang berjarak 178 km. Lalu di sekitar Stadion Signal Iduna Park, polisi Jerman menangkap 300-an pengacau. Ini adalah lanjutan dendam Desember 2005, saat mereka yang tiba untuk melihat undian Piala Dunia berperang dengan polisi di satu hutan erat Frankfurt.

Menurut Przemyslaw Piotrowski dari Fakultas Psikologi Universitas Jagiellonian, motif dari semua kekacauan ini tidak lain dari dehumatarian alias penyimpangan sosial masyarakat balasan tekanan bertahun-tahun bahkan berabad-abad! Zaman berganti, kehidupan juga berubah namun intensitas justru kian meruyak dan variatif tanpa ada jaminan kapan pastinya akan berakhir.

Jika masalah ditelisik maka akan terkuak latar belakang sesungguhnya, yang tidak lain dari faktor sejarah. Lihatlah posisi geografis Polandia yang terjepit Rusia dan Jerman. Dua peradaban besar ini secara bergiliran memperkosa negeri bernama asli Rzeczpospolita Polska ini. Pertama, oleh Rusia pada Perang Dunia I, kemudian berikutnya Jerman di Perang Dunia II.

Inilah alasan utama kenapa suporter Polandia selalu bermusuhan dengan apapun yang berbau Rusia dan Jerman, meski tempat-tempat mirip Szczecin dan Poznan “berbau” Jerman, sementara Warsawa dan Krakow secara geografis lebih dekat dengan Rusia. Kebencian pada Jerman dan Rusia telah mendarah daging, turun temurun dan terbawa-bawa ke sepak bola.

Terlebih lagi dengan Jerman, yang pada 18 berkelahi sebelumnya Polandia tak pernah menang. Kaitan sejarah di Perang Dunia I dan II ikut membentuk perilaku Polandia atas abjad Inggris. Sebagai bapak moyangnya hooliganisme, tentu saja Inggris dijadikan Polandia sebagai role model baik dari sisi permainan maupun persaingan yang meningkat pesat semenjak abad 1970-an.

Sudah ditetapkan bahwa hooliganisme di sepak bola berakar dalam kondisi psikososial. Fenomena ini mampu dijelaskan dengan menyoroti cara mengatasi keterasingan faktor internal dan individual mirip kepribadian, karakter, atau faktor biologis yang puluhan tahun berkutat di tiga lingkungan terpenting: keluarga, sekolah, dan kelompok sebaya. Inilah yang dialami Polandia.


EMPAT BESAR LIGA POLANDIA

Górnik Zabrze


Nama AsliKlub Sportowy Górnik Zabrze
JulukanTrójkolorowi (Tri-Colour), Torcida
Berdiri14 Desember 1948
StadionErnest Pohl (32.000)
PresidenZbigniew Waskiewicz
ManajerRobert Warzycha
Juara Liga [14]1957, 1959, 1961, 1963, 1964, 1965, 1966, 1967, 1971, 1972, 1985, 1986, 1987, 1988
Piala Polandia [6]1965, 1968, 1969, 1970, 1971, 1972
LegendaAndrzej Szarmach (1972-76), Robert Warzycha (1987-91)
Situs Resmiwww.gornikzabrze.pl

Wisla Kraków


Nama AsliWisla Kraków Spólka Akcyjna
JulukanBiala Gwiazda (The White Star)
Berdiri1906
StadionHenryka Reymana (33.268)
PresidenLudwik Mietta-Mikolajewicz
ManajerFranciszek Smuda
Juara Liga [14]1927, 1928, 1949, 1950, 1951, 1978, 1999, 2001, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009, 2011
Piala Polandia [4]1926, 1967, 2002, 2003
LegendaAdam Nawalka (1972–85), Maciej Zurawski (1999–2005)
Situs Resmiwww.wisla.krakow.pl

Ruch Chorzów


Nama AsliRuch Chorzów Spólka Akcyjna
JulukanNiebiescy (The Blues), Niebieska eRka (The Blue R), HKS
Berdiri20 April 1920
StadionMiejski (10.000)
PresidenDariusz Smagorowicz
ManajerWaldemar Fornalik
Juara Liga [13]1933, 1934, 1935, 1936, 1938, 1952, 1953, 1960, 1968, 1974, 1975, 1979, 1989
Piala Polandia [3]1951, 1974, 1996
LegendaAndrzej Buncol (1979–81), Krzysztof Warzycha (1983–89)
Situs Resmiwww.ruchchorzow.com.pl

Legia Warszawa


Nama AsliLegia Warszawa Spólka Akcyjna
JulukanWojskowi ("Militarians"), Legionisci ("Legionarries")
BerdiriMaret 1916
StadionPepsi Arena (31.103)
PresidenBoguslaw Lesnodorski
ManajerHenning Berg (Norwegia)
Juara Liga [10]1955, 1956, 1969, 1970, 1994, 1995, 2002, 2006, 2013, 2014
Piala Polandia [16]1955, 1956, 1964, 1966, 1973, 1980, 1981, 1989, 1990, 1994, 1995, 1997, 2008, 2011, 2012, 2013
LegendaKazimierz Deyna (1966-78), Lucjan Antoni Brychczy (1954-72)
Situs Resmilegia.com

(foto: epa/buzzfeed/weszlo)

0 comments:

Post a Comment