Sunday, April 20, 2014

Renaissance Liverpool (5-Habis): 5 Pasal Brendan Rodgers


Sebuah revolusi yang sedang berlangsung di bumi Merseyside, yang bertetanggaan dengan negeri Wales, menyisakan empat adu lagi. Sanggupkah Liverpool mengentaskan impiannya, merebut titel ke-21, setelah 24 tahun? Cara kerja Brendan Rodgers sebagai navigator The Reds sangat penting disimak, menentukan, dan bisa jadi kunci sukses. Jika Anda masih ingin tau, berikut ini mungkin menjelaskannya.
Sebuah revolusi yang sedang berlangsung di bumi Merseyside Renaissance Liverpool (5-habis): 5 Pasal Brendan Rodgers
Pemeran utama dongeng Renaissance Liverpool.
Untuk semua yang dipikirkan, diperjuangkannya, yang telah dilakukannya, bukan berlebihan abad Gerrard The Skipper mencap Brendan Rodgers sebagai sang inspirator. Dengarlah pengakuannya: "Saya sangat terpesona dengan pembahasannya, taktiknya, dan kematangannya. Saya setiap hari berguru darinya. Dia tepat untuk klub ini dan aku pikir pantas dikontrak amat panjang."

[1]. Visi Jelas Sejak Awal

Sebuah revolusi yang sedang berlangsung di bumi Merseyside Renaissance Liverpool (5-habis): 5 Pasal Brendan RodgersDi Swansea, tipikal Rodgers digambarkan melalui kemutlakan penguasaan bola dan menekan lawan. Gayanya dipengaruhi Paulo Sousa dan Roberto Martinez, dua pelatih sebelumnya. Lebih jauh lagi, ini merupakan warisan John Toshack, pria Wales yang pernah melatih Real Madrid. Saat tiba ke Anfield, bahkan sebelum meneken kontrak, beliau mengemukakan ide-idenya untuk Liverpool. 

Di hadapan petinggi klub, take it or leave it, ia melaksanakan presentasi sebanyak 180 slide! Dengan segala maaf, Rodgers rupanya telah meng-assest selama ini Liverpool bermain tanpa imajinasi yang berasaskan enerji tinggi dan sistem teknis permainan.

[2] Mengeksekusi Imajinasi

Sebuah revolusi yang sedang berlangsung di bumi Merseyside Renaissance Liverpool (5-habis): 5 Pasal Brendan RodgersRogers mengutamakan keahlian dan kualitas teknik para pemain Britania dan perguruan, lepas modal mereka banyak di permainan fisik dan berteknik satu dimensi. Di Swansea City, klub dari Wales yang lingkungannya tidak eksotis, ia memimpikan metode Barcelona: pressing dan possession bola yang kohesif dan mencengangkan.

Pria Irlandia Utara ini mau mencar ilmu banyak dan mengeksekusi ilmu bangsa lain. Dia mengajarkan tujuh patriot Inggris-nya: Steven Gerrard, Raheem Sterling, Joe Allen, Daniel Sturridge, Jordan Henderson, Glen Johnson serta Jon Flanagan bertahan efisien dengan menekan lawan, memenangkan duel udara serta menyerang efektif lewat counter-attack.

[3] Taktik yang Fleksibel

Sebuah revolusi yang sedang berlangsung di bumi Merseyside Renaissance Liverpool (5-habis): 5 Pasal Brendan RodgersJika Barcelona dan Arsenal sangat terkenal tak punya Plan B, maka Rodgers membuang yang tak memiliki kegunaan dari mereka. Jangan lagi deretan lawan, pakar strategi bola ikut-ikutan gundah dibuatnya. Tak ada yang tahu main Liverpool seperti apa. Antara Suarez, Sterling, Sturridge atau Coutinho di wilayah dua pertiga lapangan tampaknya tak punya posisi!

Banyak bek yang frustrasi alasannya dalam lima menit saja, mereka harus meladeni tiga-empat lawan berbeda! Belakangan Sterling dimainkan Rodgers di belakang Suarez-Sturridge, sebagai penyerang lubang. Arsene Wenger dan Manuel Pellegrini pun jadi korban seni manajemen ini. Sterling bikin gol di dua big-match tersebut. Khusus pasal yang ketiga ini, Rodgers haram berkompromi dengan anak buahnya.

[4] Perubahan Dramatis

Sebuah revolusi yang sedang berlangsung di bumi Merseyside Renaissance Liverpool (5-habis): 5 Pasal Brendan RodgersMau dibilang raja tega atau tak berempati, beliau pantang bergeming untuk segera merajut butiran visinya. Risiko tak terkenal siap dihadapi. Yang biasa dipuja, harus angkat kaki. Karier Pepe Reina, Fabio Aurelio, Dirk Kuyt, Maxi Rodriguez, Alberto Aquilani, Andy Carroll, Charlie Adam, Joe Cole, dan Stewart Downing pun finis di Anfield.

[5] Menciptakan Values Pengalaman dan Potensi

Sebuah revolusi yang sedang berlangsung di bumi Merseyside Renaissance Liverpool (5-habis): 5 Pasal Brendan RodgersAda yang pergi, tentu ada yang datang. Hadirnya Simon Mignolet sempat bikin alis rakyat YNWA naik alasannya diplot untuk mengisi posisi Reina. Juga Phillipe Coutinho, Iago Aspas, dan Victor Moses untuk Adam, Kuyt, dan Downing. Jangan bingung alasannya adalah Rodgers yaitu instruktur pintar, motivator, dan seorang man of management yang jago.

Paling menarik yakni keberanian dan akidah Rodgers untuk mengatrol konfidensi Hendo, calon pengganti Gerrard, yang dua tahun belakangan dicibirkan masyarakat serta disepelekan pers lantaran harganya kelewat mahal, 20 juta pound, waktu diciduk dari Sunderland. Persepsi pun berubah. Kini cowok 23 tahun itu malah dijagokan sebagai tandem Gerrard di Piala Dunia 2014.

(foto: footballtop/liverpoolecho/dailymail)

0 comments:

Post a Comment